by

Kelas Legislative Course FIPB UIGM Diwarnai “Hujan” Interupsi

IGMTVnews.com – Mahasiswa Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya (FIPB) Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Palembang simulasi sidang legislatif (legislatif course) sebagai bagian dari mata kuliah yang diberikan, Selasa (3/12/2019).

Dalam simulasi sidang tersebut, mahasiswa terlihat mengenakan jas dan pakaian formal layaknya aktivitas sidang di gedung DPR. Sejumlah rancangan perundang undangan juga disiapkan. Tak lupa pula, majelis pimpinan sidang terlihat memimpin jalannya proses sakral tersebut.

Di tengah persidangan pun, sekali interupsi terlontar dari “legislator” yang ingin menyampaikan pendapat, saran bahkan kritik tajam terhadap penyampaian usulan yang dilakukan “partai” lainnya.

Dosen Pengampu Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya UIGM Palembang, M Qur’anul Karim, M.I.P menyebut jika mahasiswa sengaja dilibatkan untuk merasakan bagaimana atmosfer sidang yang ada di tingkatan legislatif. “Tentunya dengan membahas sejumlah permasalahan yang ada,” tegasnya kepada IGMTVnews.com

Menurutnya, mahasiswa juga diajarkan bagaimana praktik secara nyata agar mereka mengetahui teknik profesional, integritas sesuai dengan visi dan misi seorang anggota DPR di masa yang akan datang.

Ia menyebut jika ini merupakan kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Sedangklan untuk materi yang dibahas, ditentukan oleh dosen pengampu, dan mahasiswa akan memberikan argumentasinya, mendapatkan hak suaranya, berbicara, serta voting layaknya aktivitas persidangan membahas permasalahan yang diajukan.

“Kita berharap, mahasiswa memiliki bekal secara praktik, tidak hanya teori. Mereka memahami konsep konsep legislatif dengan praktek. Terlebih UIGM sangat mendukung penuh mahasiswa jika nantinya ingin berkiprah sebagai seorang legislator di masa yang akan datang,” pungkasnya. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed