by

Literasi SMP LTI IGM, 10 Duta Pantun jadi Garda Terdepan Lestarikan Warisan Budaya Bangsa

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) LTI Indo Global Mandiri (IGM) menetapkan 10 siswa sebagai Duta Pantun terpilih 2019 – 2020.

Pemilihan Duta Pantun ini merupakan upaya agar peserta didik mencintai dan melestarikan puisi lama berupa pantun yang menjadi warisan dan kekayaan budaya bangsa. Ke- sepuluh siswa tersebut yakni Fijar Riski Osama (7B), Fadhel Ar-razi Gumay (7A), Ghibran Al Thalib (7C), M Nabeel Al Pasha (7D), Ahmad Zaki Athaillah (7E), Keisha Adinda Kusuma Putri (7B), Maura Dhaffia Kirana (7A) , Siti Raisya (7C), Fira Desilca Haryanti (7D), dan Anissa Syifa Sauqia (7E).

Menurut Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP LTI IGM, Iko Akiko,S.Pd penilaian dan penetapan Duta Pantun tersebut mengacu pada dua aspek, yaitu membuat pantun berdasarkan ciri2nya yang lengkap menyampaikan pantun dengan intonasi, ekspresi, artikulasi yang baik.

Serta orisinil, dibuat sendiri dengan memenuhi kriteria seluruh ciri ciri pantun secara umum.

“Siswa yang terpilih merupakan penilaian guru mapel dan seluruh siswa kelas 7 dalam menulis dan berpantun,” ujarnya.

Ia menegaskan jika Duta Pantun merupakan bagian dari kegiatan Literasi SMP LTI IGM, yang akan menjadi poin penilaian dalam menentukan Duta Literasi sekolah.

“Mereka juga akan dilibatkan dalam perlombaan sastra, perwakilan sekolah dalam acara – acara pelestrarian pantun antar sekolah, lingkup kota, provinsi bahkan Indonesia. Tentunya, kita berharap, mereka mengeluarkan semua kemampuan terbaiknya untuk mengharumkan nama SMP LTI IGM,” pungkasnya. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed