by

Usung Konsep Soft Skills, Lestari Sagita Presentasi di Hadapan Rektor UIGM Jelang Grand Final Duta Mahasiswa Nasional 2020

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Jelang nominasi Grand Finalis Duta Mahasiswa Nasional 2020, Lestari Sagita, mahasiswi Universitas Indo Global Mandiri (IGM) terus mematangkan kemampuannya.

Pihak penyelenggara yang diprakarsai oleh Pratinum Skills ini meminta masing masing peserta untuk menyiapkan program kerja selama satu tahun ke depan. Agar konsep yang dimiliki mahasiswi jurusan Ilmu Komputer semester 6 ini kian matang, dirinya berkesempatan memprestasikan proposal yang dibuatnya sebagai salah satu syarat menuju grandfinal di hadapan Rektor Universitas IGM, Dr H Marzuki Alie, SE, MM dan belasan dosen Universitas IGM.

Lestari mengungkapkan, setelah dirinya memprestasikan hasil proposal yang telah disusunnya, banyak sekali masukan dan arahan dari pihak rektorat, fakultas dan jurusan. Tujuannya membimbing agar isi dari proposal yang akan diajukan tersebut memberikan output yang baik.

“Semua wejangan dan arahan akan saya coba maksimalkan, dan sesuai target, proposal ini yang akan segera diserahkan kepada pihak panitia Senin, (24/02/2020) mendatang,” katanya.

Dalam proposal tersebut, ia fokus pada pelatihan soft skill di berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Palembang, yaitu pelatihan soft skill siap kerja bagi lulusan SMK, di antara materinya adalah pelatihan pembuatan curriculum vitae (CV), cara pembuatan surat lamaran kerja, pembuatan portofolio, dan pelatihan wawancara

“Kita paparkan bagaimana para pelajar SMK itu siap kerja setelah diberikan pelatihan soft skill oleh orang orang yg profesional di bidangnya,” jelasnya.

Dirinya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus, karena setiap langkah dirinya menuju kesuksesan. Menurutnya, dari 30 besar dengan pengumpulan proposal ini akan dipilihnya 10 orang ke Grand Finalis Duta Mahasiswa Nasional 2020 ini, telah mendapatkan dukungan penuh dari akademika UIGM.

Lestari Sagita, Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri memaparkan proposal terkait Konsep Soft Skills yang akan dibawa dalam nominasi Grand Finalis Duta Mahasiswa Nasional 2020 (FOTO: ALI ALFARIZI/IGMTVNEWS)

Rektor UIGM, Marzuki Alie, bersyukur dengan terpilihnya Lestari Sagita masuk 30 besar nominasi Duta Mahasiswa Nasional 2020 se-Indonesia, dirinya juga berharap perjuangan beliau tidak hanya sampai 10 besar namun bisa menjadi yang terbaik di event tingkat nasional ini.

“Kita ketahui, sebagai syarat diwajibkan membuat proposal kegiatan, untuk itulah kita sebagai lembaga yang memayungi mahasiswanya, kita wajib memberikan konsultasi tanpa merubah konten daripada tulisannya. Kita lakukan simulasi dan menguji apakah tulisannya itu mampu dijelaskan dengan baik, terkait apa yang dia tulis,” paparnya.

Dirinya berharap jika keikutsertaan Lestari dapat masuk grand final 10 besar dan berhasil membawa Universitas IGM berada di peringkat pertama. “Kita doakan agar Lestari menjadi yg terbaik dari seluruh Indonesia, terlebih dia sudah ikut beragam kegiatan internasional, termasuk pertukaran mahasiswa, kemudian ditunjuk mewakili UIGM saat melakukan pertemuan dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dari sisi kompetensi saya lihat Lestari mampu diperhitungkan, dan dari sisi penguasaan bahasa Inggris, saya rasa yang bersangkutan menguasai itu dengan yang baik,” jelasnya.

Dirinya berharap agar mahasiswa lain juga harus mengikuti prestasi yang telah dimiliki Lestari. Bahkan, universitas pasti memberikan apresiasi untuk mahasiswa seperti ini, tidak hanya setingkat universitas, apresiasi juga diberikan kepada semua orang yang berada dalam lingkungan IGM, mulai dari tingkat TK, SD, SMP, SMA hingga Mahasiswa, mulai dari tingkat lokal, regional, hingga tingkat Nasional, berupa pemberian kompensasi beasiswa penuh bagi mahasiswa yang berprestasi. (ali alfarizi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed