by

Workshop Pekan Seni Ekspresi, Tim Tari SMP LTI IGM Pahami Tarian Warisan Sejarah

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palembang menggandeng Dewan Kesenian Kota Palembang menggelar sepekan Seni Ekspresi dan Apresiasi Pelajar tingkat Kota Palembang tahun 2020.

Dalam pra kegiatan tersebut, Disbudpar dan Dewan Kesenian menghelat workshop gerakan gerakan tari yang kerap dibawakan setiap acara sakral dan formal.

Seniman seniman besar juga hadir dalam workshop yang digelar di Gunz Cafe and Resto, (Rabu)12 Februari kemarin.

Selain penari penari yang berasal dari sejumlah sanggar di Sumsel, pihak sekolah yang memiliki ekstrakulikuler tari juga ikut memeriahkan suasana. Termasuk tim penari siswa SMP LTI Indo Global Mandiri.

Menurut Guru Seni Budaya SMP LTI IGM, Hendi Hidayat menyebut jika, dalam workshop tersebut diajarkan sejumlah gerakan gerakan tari, pembekalan pada siswa siswi yang memiliki minat dan potensi di bidang tari.

“Dalam kesempatan itu, juga dibahas mengenai sejarah Kota Palembang, Sejarah Tari Gending Sriwijaya dan Tari Tanggai,” katanya, Jumat (14/2/2020).

Tim Tari SMA LTI IGM saat mengikuti workshop sepekan Seni Ekspresi dan Apresiasi Pelajar tingkat Kota Palembang tahun 2020.

Ia menegaskan jika, ada sejumlah gerakan gerakan tari yang masih salah kaprah. Untuk itu dalam workshop tersebut juga diberikan penjelasan dan perbaikan mengenai gerakan tari tersebut. “Menurut seniman yang hadir, penari penari Palembang sudah memiliki banyak versi mengenai tari tanggai ini,” ujarnya.

Untuk itulah, ia berharap, siswa siswi SMP LTI IGM yang mengikuti workshop ini dapat lebih memahami alur serta makna dari tari tarian yang sudah menjadi warisan budaya tersebut. “Kita senang dan bangga bisa terlibat dalam workshop ini. Apalagi ini untuk pengetahuan siswa sejak dini,” pungkasnya. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed