by

PPM Kolaboratif – Universitas IGM – Himpenindo – dan Kecamatan Semabor Siap Wujudkan Kota Layak Pemuda dan Agrowisata

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Universitas Indo Global Mandiri (IGM) melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) dengan Himpenindo serta jajaran pemerintahan Kecamatan Sematang Borang, Palembang dalam hal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPM) di lokasi tersebut.

Menurut Wakil Rektor I Universitas IGM, Dr. Sumi Amariena Hamim, ST, MT, kegiatan PPM tersebut melihatkan mahasiswa dari lima fakultas yang ada. Dengan agenda sejumlah program kerja, masing masing prodi akan melakukan kegiatan, mulai dari pemetaan kawasan serta mengembangkan potensi kawasan menjadi agrowisata di Kelurahan Sukamulya di Kecamatan Sematang Borang tersebut.

“Berdasarkan keinginan pihak kecamatan, mereka berharap agar keterlibatan Universitas IGM dapat membantu mereka menjadi pusat kegiatan ekonomi dan masyarakat. Selain dengan kegiatan pelayanan. Kota ini nanti akan dibuatkan sedemikian rupa, sehingga kegiatan masyarakat terkonsentrasi dan integrasi di kecamatan,” ujarnya.

Menurutnya, program desa/kelurahan binaan ini pun merupakan wujud metode merdeka beajar yang saat ini diterapkan oleh Universitas IGM. “Jadi selain Program Mahasiswa Magang Berserfitikat, kita juga ikut pengembangan desa binaan ini,” ujarnya.

Sementara, Camat Sematang Borang, Tri Septiawan, S.S.T.P, M.H menilai jika Kecamatan Sematang Borang memiliki banyak pemuda yang kreatif, inovatif dan siap membangun daerah. Keberadaan Universitas IGM dapat lebih memotivasi pemuda untuk berperan dalam pembangunan.

“Apalagi Universitas IGM memiliki konsep pendidikan yang baik, disini kita bisa berkolaborasi,” ujarnya.

Ia menyebut jika, hampir sebagian mata pencaharian penduduk Kecamatan Sematang Borang adalah petani dan berkebun. Kegiatan PPM Universitas IGM ini tentu diharap mampu mendongkrak pendapatan masyarakat serta mengerti bagaimana melakukan proses pengolahan produksi nantinya.

Lurah Sukamulya, Indi Suhanto mengapresiasi kegiatan yang prakarsai oleh PPM Universitas IGM ini. Selain siap membantu pengenalan wilayah, pihaknya berharap,kegiatan ini dapat memberikan perubahan yang signifikan, khususnya dalam segi ekonomi. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed