by

Webinar Fasilkom UIGM : Akomodir Mahasiswa Manfaatkan Mendeley dan Google Form dalam Pembuatan Karya Ilmiah

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) menggelar webinar bertajuk Pemanfaatan Mendeley dan Google Form dalam Pembuatan Karya Ilmiah yang dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting, Senin (28/12/2020).

Dekan Fasilkom Universitas Indo Global Mandiri (UIGM), Dr. H. Juhaini, MM menegaskan, pihaknya sengaja mengangkat tema tersebut berawal dari kian pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

Dampak perkembangan teknologi tersebut, melahirkan sejumlah perubahan dan pembaruan di berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan dan teknologi itu sendiri.

Ia menjelaskan, jika keberadaan aplikasi Mendeley dan Google Form ini cukup penting, terutama untuk mengakomodir para mahasiswa dan mahasiswi tingkat akhir yang sedang bersiap-siap dalam menghadapi laporan kerja praktik, tugas akhir, proposal dan skripsi.

“Kita ingin memberikan pengetahuan sekaligus gambaran langsung terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam pembuatan karya ilmiah. Dan semuanya bisa didapat peserta dalam webinar tersebut,” katanya kepada IGMTVnews.com.

Ia berharap dengan webinar ini, baik peserta maupun mahasiswa UIGM memiliki kemampuan dan motivasi untuk menghasilkan karya ilmiah yang baik.

Menurutnya, sejauh ini penerapan kedua aplikasi tersebut bagi dosen dan mahasiswa Fasilkom sendiri sudah cukup efektif. Ia memastikan jika pihaknya telah mewajibkan mahasiswa untuk menggunakan aplikasi Mendeley sebagai aplikasi sitasi dan daftar pustaka otomatis.

“Sedangkan untuk Google Form, tergantung kebutuhan data mahasiswa. Jika mereka membutuhkan data responden melalui kuesioner, kita meminta harus menggunakan aplikasi Google Form ini. Tujuannya untuk memudahkan pengumpulan datanya. Mengingat sebagian besar responden menggunakan email dan media sosial sebagai sarana untuk membagikan (share) kuesioner mereka,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed