by

Workshop Online Perpajakan : Metode Pengembangan Bagi Dosen Mahasiswa untuk Terus Terampil dalam Penggunaan Aplikasi

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) terlibat dalam gelaran Workshop Online Perpajakan : Solusi tata cara pengisian SPT Tahunan PPH wajib pajak badan tahun pajak 2020 serta pengaruhnya terhadap pandemi COVID-19 serta Undang Undang Cipta Kerja, Kamis (8/4/2021).

Menurut Kaprodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UIGM, Drs, RM Rum Hendarmin,Ak.,MM.,PIA.,CA.,CSRS menegaskan, workshop ini diprakarsai oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Wilayah Sumatera Selatan bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak disponsori oleh beberapa Perguruan Tinggi termasuk UIGM bersama Unsri, Universitas Bangka Belitu, Universitas Tridinanti dan IKA Unsri.

Ia menegaskan, gelaran workshop inimerupakan salah satu metode bagi kampus terutama UIGM mempunyai Program Studi Akuntansi untuk terus berkembang (update) terkait masalah perpajakan karena dalam program studi akuntansi UIGM ada 2 pilihan Konsentrasi untuk penyelesaian tugas akhir.

“Kita ada dua konsentrasi, yakni Bidang perpajakan dan Konsentrasi Akuntansi Umum. Kedua konsentrasi ini, mahasiswa wajib tahu informasi terakhir perpajakan Indonesia, harus terampil dalam penggunaan aplikasi online perpajakan dan selalu meningkatkan pengetahuan perpajakan, karena UU Perpajakan sangat dinamis, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi perekonomian di Indonesia,” jelasnya.

Ia juga berharap, keikutsertaan mahasiswa UIGM sebagai sasarannya untuk benar benar mendengarkan setiap paparan yang diberikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya.

“Ini merupakan tambahan pengetahuan di bidang perpajakan berbasis internet; mengetahui tata cara pengisian e-SPT Tahunan Wajib Pajak Badan ; menambah keterampilan pengisian e-SPT selain pengisian e-SPT Wajib Pajak Pribadi serta sebagai tambahan edukasi pemahaman atas laporan keuangan perusahaan yang terkait masalah perpajakan,” papar dia.

Dalam kegiatan yang gelar melalui laman aplikasi zoom meeting ini, dijadwalkan sejumlah narasumber, mulai dari perwakilan DJP Kanwil Sumsel Babel (masih dalam konfirmasi); Tim Ahli IAI KAPj, Drs Basri Musri, S. Ak, CA, MM serta Sekretaris IAI Wilayah Sumsel Anton Indra Budiman, S.E., M.Si., CA., CSRA. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed