by

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat Nasional, UIGM Utus Dua Mahasiswa Terbaik

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Dua mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri, yakni M Alif Akbar Putra (Prodi Ilmu Pemerintahan dan Budaya) dan Novaliana (Prodi Pendidikan Bahasa Inggris menjadi perwakilan UIGM dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Nasional 2021.

Dengan mekanisme melalui daring (online), keduanya diminta untuk memiliki gagasan, ide, wawasan serta pendapatnya mengenai mosi yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara.

Kepala Bagian Alumni dan Bursa Kerja Universitas Indo Global Mandiri, Badriyah Ulfa, S.Pd, M.Pd mengatakan, kedua mahasiswi UIGM ini diminta untuk meyakinkan argumen mereka dengan tiga mosi.

Ketiganya antara lain, mosi pertama kaum feminis menyelesaikan keterlibatan perempuan dalam olahraga baku hantam; mosi kedua dalam dunia pendidikan dalam konteks mahasiswa adalah pelanggan atau konsumen serta mosi ketiga yakni subsidi secara proporsional prodi di Universitas Negeri terhadap tingkat keterserapan mereka di dunia kerja.

Proses debat tingkat nasional ini pun digelar berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni secara daring dan diunggah melalui laman youtube Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Badriyah mengatakan, dengan kompetisi debat ini membuat mahasiswa untuk percaya diri karena dilatih untuk bisa menyakinkan publik atas gagasan yang diberikan. Dalam hal ini, debat dilakukan oleh tim yang terdiri lebih dari satu orang sehingga dituntut untuk bisa saling bekerja sama dalam memenangkan sebuah kompetisi ataupun membangun suatu gagasan, serta dapat menambah prestasi di tingkat nasional.

“Kita siap dukung penuh dan memberikan semangat kepada mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemdikbud Ristek) di tahun berikutnya,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed