by

Ini Ragam Fitur Pedulilindungi yang Belum Banyak Diketahui Pengguna

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Selain digunakan untuk mengunduh sertifikat vaksin, aplikasi PeduliLindungi juga memiliki sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan masyarakat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah melakukan pelacakan guna menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19).

Aplikasi tersebut mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan.

Dikutib dari akun instagram resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), terdapat sejumlah fitur di PeduliLindungi yang mungkin belum diketahui banyak orang, di antaranya sebagai berikut:

QR Code untuk check in
Fitur ini digunakan pengguna untuk mengakses fasilitas publik.
Seperti diketahui saat ini masyarakat yang ingin mengakses fasilitas publik diharuskan melakukan scan QR Code pada aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk.

Petugas akan menyediakan QR Code yang harus di-scan pada pintu masuk, kemudian masyarakat yang men-scan QR Code tersebut akan mendapat informasi bahwa dirinya bisa masuk atau tidak pada area tersebut serta mengetahui jumlah pengunjung yang sudah masuk.

Notifikasi zona resiko
Pengguna akan mendapatkan informasi zona risiko di daerahnya masing-masing. Pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan, seperti dikutip dari covid19.go.id.

E-Hack
Layanan E-Hack telah terintegrasi untuk keperluan perjalanan dari pengguna.

Pengawasan/Pelacakan
Fitur ini berfungsi melacak data lokasi secara digital untuk keperluan tracing. Dengan adanya informasi lokasi pengguna yang dibagikan saat bepergian memudahkan pemerintah mengawasi dan mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar COVID-19 selama 14 hari ke belakang. Pemerintah jadi lebih mudah mengidentifikasi dan mendeteksi masyarakat melalui lacak data lokasi dan informasi secara digital.

Statistik kasus Covid-19
Fitur ini menampilkan data kasus Covid-19 di lokasi pengguna.

Pendaftaran vaksin
Dengan aplikasi PeduliLindungi pengguna yang belum mendapatkan vaksinasi juga dapat melakukan pendaftaran vaksinasi Covid-19.

Diari perjalanan
Aplikasi PeduliLindungi menyimpan dan menampilkan riwayat perjalanan dari pengguna sebagai upaya program contact tracing.

Teledokter
Dengan mengakses aplikasi PeduliLindungi, pengguna juga dapat melakukan konsultasi kesehatan secara daring. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed