by

LAM Percepat Proses Akreditasi Program Studi di Perguruan Tinggi Swasta

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menjadi fasilitator Sosialisasi Akreditasi Instrumen, Instrumen Suplemen Konversi dan Permasalahan Transisi Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) ke Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM).

Dalam sosialisasi yang dipusatkan di Lantai III Kampus UIGM Sudirman tersebut, dihadiri langsung Direktur BAN PT Prof T Basaruddin, Ketua APTISI Wilayah IIA Sumsel Babel, Dr Drs H Muhammad Helmi, M.S dan Ketua Dewan Pembina APTISI Pusat – Rektor Universitas Indo Global Mandiri Dr Marzuki Alie, SE, MM.

Direktur BAN PT Prof T Basaruddin mengatakan, jika lembaga akreditasi mandiri mempercepat proses akreditasi program studi di perguruan tinggi swasta. Kehadiran LAM APTISI ini akan memperbaiki hal-hal yang kurang dari akreditasi yang dilakukan BAN-PT,” katanya.

Ia menegaskan, jika akreditasi program studi penting untuk menjamin mutu. Selain itu, ijazah kesarjanaan dinyatakan legal jika dikeluarkan program studi yang terakreditasi. BAN-PT nantinya akan berkonsentrasi pada akreditasi institusi PT dan merekomendasikan LAM kepada Mendikbud.

Menurutnya, LAM brsama BAN PT akan mengumumkan cut off date (tanggal peralihan) dari BAN PT ke LAM. Keputusan akreditasi program studi yang berakhir sebelum cut off date akan tetap diproses seperti biasa. “Khusus bagi PS yang telah dinyatakan masuk pemantauan tahap 2 oleh BAN PT dan SK Berakhir setelah cut-off date, maka proses pemantauan dihentikan,” paparnya.

Dalam sosialisasi tersebut, juga dipaparkan kebijakan baru antara lain, Pengajuan akreditasi ulagn bagi yang TMSP (harus melampirkan rekomendasi dari Dirjen terkait tentang hasil pembinaan); Pengajuan akreditasi ulang bagi SK Akreditasi yang sudah berakhir sebelum Permendikbud No5/2020 ( harus melampirkan rekomendasi dari Ditjen terkait); Pengajuan SK Akreditasi bagi PS Baru (pembukaan PS sudah sesuai Permendikbud No7/2020); dan Penetapan hasil akreditasi tanpa AL (bagi yang re-akreditasi dan tidak akan terjadi perubahan peringkat. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed