by

Workshop Pembuatan Modul Ajar Kuliah Fasilkom UIGM ; Sains itu Perlu Seni

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Dosen – dosen Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) di lingkungan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menggelar workshop Pembuatan Modul Ajar Kuliah, Jumat (8/10/2021).

Digelar secara daring maupun tatap muka di pusatkan di Lantai III Kampus Sudirman. Founder NgapaUY.com, Dr Nurul Hidayat, S.Pt, M.Kom memberikan ilmu dan tipsnya sebagai narasumber kepada dosen agar proses pemberian mata kuliah dapat diserap dengan baik, terutama modul ajar kuliah selama Pandemi COVID-19 ini.

Menurut Nurul, dosen harus mampu memanfaatkan teknologi yang saat ini terus berkembang. Berbagai macam template modul ajar bisa didapat dari internet dan dikemas dengan baik. Dengan begitu, penyampaian mata kuliah dapat lebih mudah dipahami oleh mahasiswa.

“Kita cari tema yang pas. Banyak sekali aplikasinya. Kita tinggal mencari. Ilmu pengetahuan (sains) itu adalah seni (art). Dengan begitu pemaparan kita lebih menarik,” ujarnya di hadapan para dosen.

Dalam workshop tersebut juga dibahas bagaimana cara format standar modul, karakteristik bahan ajar yang baik untuk modul serta apa saja konten modul yang diakui oleh LLDIKTI.

Sementara, Dekan Fasilkom UIGM, Dr Juhaini Alie, SH. MM menambahkan, workshop ini sengaja digelar agar dosen dapat memberikan materi memubuat modul yang baik dan benar. “Tentunya dapat menambah wawasan dan ilmu kreatifitas kita para dosen,” ujarnya.

Sebelumnya, lanjutnya, dosen dosen di lingkungan Fasilkom telah mengikuti sejumlah workshop antara lain, Workshop Pembuatan Animasi Sederhana sebagai Media Pembelajaran Interaktif, serta Workshop Pembuatan Video Pembelajaran yang Menarik.

“Kita akan melaksanakan 6 model pembelajaran. Satu persatu kita lakukan. Kita ingin meningkatkan standar kualitas pembelajaran dan menjadi lembaga tinggi yang terbaik di Indonesia,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed