by

Psikolog Bagikan Tips Tes Psikologi bagi Fresh Graduated Bagi Mahasiswa UIGM, Begini Katanya

IGMTnews.com PALEMBANG —- Rangkaian Workshop Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indo Global Mandiri berlanjut.

Setelah workshop bertajuk Public Speaking, workshop lanjutan digelar Jumat (26/11/2021) memfokuskan psikologi bagi mahasiswa yang baru saja lulus kuliah. Mengundang psikolog sebagai narasumber yakni, Zulaikha Agustinawati, M.Psi, Psikolog dan Syarifah Annisa, M,Psi Psikolog, mahasiswa diajak berdiskusi dan mengulas pengertian psikolog, persiapannya seperti apa, macam macam tes psikologi, tips berhasil wawancara serta bagaimana etika menjawab pertanyaan.

Menurut Psikolog Zulaikha Agustinawati, M.Psi., Psikolog menjelakan, sebelum melamar sebuah pekerjaan, hendaknya seseorang harus mengetahui perusahaan tersebut di bidang apa. Perluas wawasan terhadap pekerjaan yang akan dilamar.

Ia mengatakan, dalam sebuah tes psikologi (psikotest), tidak ada istilah jawaban salah atau benar. Perusahaan hanya ingin melihat cocok atau tidak seorang itu untuk mengisi posisi di perusahaan tersebut. Kedua narasumber ini pun membagikan tips dan triknya sebelum seorang menjalani tes psikologi tersebut.

“Yang terpenting itu siapkan fisik, karena ketika badan dalam keadaan sakit, kita tidak bisa fokus. Jangan lupa sarapan. Dan yang terpenting, siapkan mental. Kita tidak boleh gugup, panik, cemas dan ragu, ” kata Zulaikha di hadapan mahasiswa UIGM dalam workshop di Aula Lantai III Kampus Sudirman.

Selain itu, lanjutnya, pelamar harus yakin dengan jawabannya. Zulaikha juga membagikan tips bagaimana menjalani proses wawancara. Ia mengatakan, pelamar harus mampu menggali kemampuan saat melakoni wawancara. Jangan memberikan kesan putus asa. Jangan membosankan saat wawancara berlangsung.

“Tunjukkan ketertarikan dengan posisi yang dilamar, namun tetap harus menjaga sikap. Ceritakan tentang diri anda (harus tetap berhubngan dngan pekerjaan yang dilamar, kemampuan, sifat yang kita miliki). Yakinkan dengan minat yang tulus, serta pengembangan diri harus spesifik dan kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada pada dalam diri,” jelasnya.

Kaprodi Teknik Informatika UIGM, Dewi Sartika, S.Kom, M.Kom berharap, mahasiswa dapat memanfaatkan rangkaian workshop ini untuk bisa mempelajari bagaimana cara menghadapi wawancara saat ingin melamar pekerjaan. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed