by

In House Training ; Kepala Sekolah Wajib Miliki Konsep Inti Modul dan Tujuan Pembelajaran

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran (instruction leader) diharapkan mampun untuk memiliki kemampuan leadership yang baik untuk pengembangan kualitas pendidikan di sekolah yang dipimpinnya.

Narasumber In House Training Kurikulum Merdeka, Dr Hj Rini Herlina R, S.pd
memberikan pemahaman terkait apa saja yang diperlukan untuk sekolah sekolah swasta yang ada di Palembang agar memiliki kemampuan untuk berdaya saing.

Di hadapan setidaknya 150 kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, ia menjelaskan jika peserta harus memiliki bekal lima konsep inti modul dan tujuan pembelajaran. Selain leadership, juga harus memiliki budaya refleksi, evaluasi diri, dan pengembangan profesional pendidik; Perencanaan Berbasis Data; Kepemimpinan Bersama (shared leadership); serta pendekatan berbasis asset (asset based approach).

“Dengan begitu peserta dapat memahai konsep-konsep tersebut dan mampu mengindentifikasi penerapannya di sekolah melalui metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan telaah dokumen,” ujarnya.

Ia juga menyebut jika kepala sekolah harus memiliki kompetensi kepribadian, yakni kemampuan kepala sekolah dalam menunjukkan kualitas diri melalui kematangan moral, emosi, dan spiritual untuk berperilaku sesuai dengan kode etik.

Selain itu, lanjutnya, kepala sekolah juga wajib memiliki kompetensi sosial yakni memberdayakan warga satuan pendididkan serta mengembangan visi dan budaya belajar satuan pendidikan, menerapkan kepemimpinan pembelajaran yag berpusat pada peserta didik serta mengelola sumber daya secara efektif, transparan dan akutabel. (andhiko ta)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed