by

FGD Badan Keahlian DPR RI – UIGM; Museum Kita Harus Bercerita

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Jalinan Kerjasama antara Badan Keahlian DPR RI bersama Universitas Indo Global Mandiri (IGM) diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan yang terbaik di antara kedua belah pihak.

Kolaborasi yang dilakukan dalam Forum Group Discussion (FGD) yang digelar diSelasa (14/8/2024) di Aula Lantai III Kampus Sudirman, berfokus pada Urgensi dan Arah Pengaturan Rancangan Undang Undang (RUU) tentang permuseuman di Indonesia.

Kepala Badan Keahian DPR RI Dr Inosentus Samsul, S.H., M.Hum mengatakan, dalam RUU tersebut, Badan Keahlian DPR RI akan meminta masukan saran dan pertimbangan politik berbasiskan pertimbangan akademis pula.

“Saat ini kita sudah menjajaki Memorandum of Understanding (MoU) bersama Universitas IGM. Ada sejumlah agenda yang kita sepakati, termasuk riset – riset nantinya. Kita memerlukan pemikiran dari sisi akademis untuk berdiskusi. Jadi Badan Keahlian DPR RI ini bukan terfokus pada satu bidang (politik) saja,” katanya.

Sementara, Rektor Universitas IGM Dr H Marzuki Alie menilai jika saat ini setiap lini wajib memajukan pendidikan di Indonesia. “Pendidikan kita sedang tidak baik baik saja. Jadi kita wajib peduli dengan pendidikan yang ada saat ini,” tegas Marzuki.

Tak hanya itu, untuk keberlangsungan museum di Indonesia, lanjutanya, juga banyak yang harus ditingkatkan. “Museum itu harus mampu “bercerita”. Menceritakan kisah dan asal usul dari barang-barang yang tersimpan di museum tersebut, jadi bukan hanya sekedar pajangan belaka. Hal ini belum ada di Indonesia, museum kita belum maksimal,” pungkasnya. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed