by

Universitas Indo Global Mandiri Berperan Aktif dalam Peningkatan Sanitasi Dasar di Palembang dalam Program KIAT

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Program Studi Teknik Sipil Universitas Indo Global mandiri berperan aktif sebagai pelatih dalam pelatihan sanitasi dasar yang diinisiasi oleh Kemitraan Indonesia Australia untuk Infrastruktur (KIAT).

Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan teknis peserta mengenai sanitasi dasar dan sistem pengolahan air limbah domestik terpusat di kota Palembang.

Pelatih sanitasi dasar dari Universitas IGM, Ir. Marguan Fauzi, S.T, M.T., mengungkapkan pelatihan ini dirancang secara inklusif, melibatkan perempuan, penyandang disabilitas, serta pemuda nonpekerja. “Pelatihan ini adalah bagian dari upaya kami untuk memastikan semua lapisan masyarakat, terutama kelompok marjinal, mendapatkan akses yang setara terhadap pengetahuan dan keterampilan dalam bidang sanitasi,” kata Fauzi.

Salah satu fokus utama pelatihan ini lanjutnya, adalah instalasi pengolahan air limbah domestik, yang merupakan fasilitas untuk mengolah air limbah dari aktivitas sehari-hari seperti penggunaan kakus/wc (black water) serta kegiatan mencuci dan mandi (grey water). Pengolahan ini penting untuk mencegah pencemaran air permukaan dan air tanah akibat limbah domestik.

Pelatihan berlangsung di Pusat Pelatihan dan Demonstrasi Komunitas Perintis di Palembang dan dihadiri oleh perwakilan dari Kelurahan 22 Ilir, Kelurahan 23 Ilir, dan Kelurahan 24 Ilir. Melalui program ini, diharapkan peserta dapat memperoleh pemahaman mendalam tentang sanitasi, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan di wilayah penerima manfaat Palembang City Sanitation Project (PCSP).

Dengan pelatihan ini, Universitas IGM berharap dapat berkontribusi signifikan dalam meningkatkan standar sanitasi dan kesejahteraan masyarakat Palembang, serta memberikan dukungan berkelanjutan bagi kelompok-kelompok yang membutuhkan perhatian khusus. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed