by

Kuliah Umum KIP Kuliah : Ini Merupakan Doa dari Orangtua Anda !

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menggelar acara penting dalam perjalanan akademik mahasiswanya melalui Kuliah Umum KIP Kuliah. Acara yang penuh motivasi ini menghadirkan tiga narasumber inspiratif, yaitu Rektor Universitas Indo Global Mandiri, Dr. H. Marzuki Alie, Widyaprada Ahli Utama/Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek 2020-2024, Dr. Abdul Kahar, serta Dr. Muni Ika, S.Pd, M.Pd.

Dalam paparan yang disampaikannya, Dr. Abdul Kahar memberikan penekanan mendalam tentang bagaimana penerima KIP Kuliah harus bersyukur atas kesempatan ini. “Tidak semua orang bisa mendapatkan karpet merah seperti ini,” ungkapnya, mengibaratkan KIP sebagai jalur istimewa yang diberikan oleh pemerintah. Ia bahkan menyebut, “KIP ini bisa jadi adalah doa dari orang tua Anda,” ujarnya sembari mengingatkan mahasiswa untuk menggunakan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin demi membanggakan diri sendiri, orang tua, dan almamater.

Di hadapan ratusan mahasiswa, Dr. Abdul Kahar juga memaparkan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh penerima KIP. Tantangannya adalah dunia yang terus berubah dengan cepat, terutama dalam hal perkembangan teknologi dan kebutuhan industri. Mahasiswa, menurutnya, harus memiliki keahlian yang relevan dengan dunia kerja, menguasai teknologi terbaru, dan memahami potensi diri mereka.

“Untuk menghadapi semua itu, mahasiswa harus mengembangkan berbagai kemampuan esensial,” tambahnya. Mulai dari kemampuan berkomunikasi, beradaptasi, networking, hingga kemampuan pengambilan keputusan dan pengelolaan stres. Tidak ketinggalan, ia juga menekankan pentingnya etika dalam bekerja, yang menurutnya akan menjadi pembeda di dunia profesional.

Selain itu, Dr. Abdul Kahar mendorong mahasiswa untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan mengembangkan jiwa kewirausahaan. Menurutnya, masa depan menuntut generasi muda untuk tidak hanya mengandalkan satu keterampilan saja, tetapi juga mampu berinovasi dan menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. Acara ini tak hanya menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mendengarkan inspirasi, tetapi juga memberikan bekal nyata tentang apa yang harus mereka lakukan dalam menghadapi dunia yang kompetitif di luar sana. KIP Kuliah bukan hanya tentang bantuan finansial, tetapi juga jalan menuju transformasi diri, karir, dan masa depan yang lebih baik. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed