by

Simulasi Sidang Paripurna, Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan Rasakan Atmosfer Legislator

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya (FIPB) Universitas Indo Global Mandiri (IGM), menggelar simulasi sidang paripurna.
Mahasiswa prodi tersebut diajak untuk merasakan bagaimana menjadi seorang legislator yang duduk dan bekerja sebagai anggota legislatif.

Menurut Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas IGM, M. Quranul Karim, S.IP.,M.Si, simulasi ini merupakan praktikum dari mata kuliah proses Legislatif, ciri khas dari prodi ilmu pemerintahan UIGM yang dilaksanakan secara rutin sejak tahun 2019.

 

Ia mengatakan, simulasi sidang ini penting untuk membuat mahasiswa memahami teknik teknik dalam melakukan persidangan yang dilakukan secara formal .

Dalam simulasi tersebut, mahasiswa harus mampu mempraktikkan teknik bersidang, berargumentasi, berdebat, dan menentukan pilihan dalam sidang “Prodi IP sangat serius dalam mencapai profil lulusan, salah satunya menjadi Politisi, dimana pada semester 2 terdapat mata kuliah Hukum Tata Pemerintahan, semester 3 mata kuliah Proses Legislatif, dan semester 5 mata kuliah Studi Parlemen, kami juga mendorong magang ke partai politik dan belajar langsung ke DPRD untuk benar benar menumbuhkan kemampuan mahasiswa menjadi politisi di DPRD,” paparnya.

Antusias mahasiswa sendiri terlihat menyukai simulasi dan mengikuti hingga proses sidang selesai. “Mahasiswa sangat menyukai pendekatan pembelajaran yang inovatif seperti simulasi sidangterkait dengan rancangan peraturan daerah tentang pembangunan transportasi publik yang efisien ini,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed