by

P5 SMP LTI IGM; Suara Demokrasi , Belajar Demokrasi Melalui Pemilu OSIS

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– SMP LTI Indo Global Mandiri memberikan pembiasaan kepada siswa didik untuk belajar berdemokrasi, khususnya dalam lingkungan sejolah itu sendiri.

Hal ini dilaksanakan dalam Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP LTI IGM bertajuk Suara Demokrasi, Belajar Demokrasi melalui Pemilu OSIS 2024

Koordinator P5 Tema 1 Suara Demokrasi SMP LTI IGM, Resti, S.Pd didampingi Iko Akiko, S.Pd menyebut jika pelaksanaan P5 ini berlangsung sejak 19 – 27 Agustus 2024 mendatang. Para siswa didik diharap dapat memahami demokrasi dan hak bersuara sebagai belajar secara langsung melalui proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden OSIS LTI IGM.

“Siswa didampingi guru pembimbing merencanakan pelaksanaan pemilihan ketua OSIS mulai dari penjaringan dan menetapkan bakal calon yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia, serta penyampaian visi misi calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Ia menjelaskan jika demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, adat dan budaya.

“Peserta didik diharapkan mampu menganalisa dan mengaplikasikan semangat bersuara dan berdemokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam skala kecil di SMP LTI IGM menumbuhkan karakter gotong royong berkebhinekaan global dalam hal ini akhlak siswa bernegara,” pungkasnya. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed