by

Labu Siam Jadi Pengemas Pempek, Siswa SMA LTI IGM Masuk Nominasi Finalis ISPO 2020

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Siswa siswi SMA Indo Global Mandiri (IGM) kembali siap bersaing di kompetisi tingkat nasional.

Dua siswa SMA LTI IGM yakni Natasha Shasikirana Mahendra dan Wianda Tambora, Kelas XI SMA LTI IGM ini berhasil masuk sebagai nominasi Finalis Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2020.

Dalam kompetisi tersebut, keduanya melakukan penelitian teknologi dengan judul Pembuatan Edible Coating dari bahan dasar Labu Siam sebagai pengemas pempek.

Menurut mereka, pempek memiliki ketahanan yang relatif rendah, maka dari itu para penjual biasanya menggunakan aneka metode untuk meningkatkan ketahanan panganan khas kota Palembang ini.

“Penelitian ini menarik perhatian kami, karena pempek sudah mendunia terkadang dibumbui oleh bahan bahan kimia non alami sebagai bahan pengawet pempek, atas pemikiran itulah kami melakukan inovasi penelitian dari Labu Siam, yaitu menggunakan Edible Coating berbahan dasar Labu Siam sebagai salah satu bahan dasar untuk meningkatkan ketahanan pempek secara alami ” katanya.

Menurutnya, pemilihan Labu Siam ini dikarenakan adanya kandungan nutrisi yang cukup melimpah, seperti karbohidrat dan protein, dan yang penting Labu Siam ini mengandung fektin dan getah yang bisa dijadikan bahan dasar Edible Coating.

Masuknya siswa SMA LTI IGM sebagai nominasi ISPO 2020 ini pun mendapat dukungan penuh dari Kepala Sekolah SMA LTI Indo Global Mandiri (IGM), Hadi Wijaya, S.Pd.

“Terpilihnya kembali SMA LTI IGM pada finalis ISPO 2020 merupakan sebuah kebanggaan tersendiri, ini menunjukkan eksistensi SMA LTI IGM cukup diperhitungkan di Provinsi Sumatera Selatan, khususnya di Kota Palembang.” ujarnya

ISPO adalah ajang bergengsi kompetesi anak-anak SMA Se-Indonesia dengan menghasilkan karya-karya ilmiah berkualitas yang dapat dipublikasikan ke khalayak untuk dimanfaatkan sebagai temuan atau karya yang patut diacungi jempol. “Kami sangat bangga, SMA LTI IGM Palembang adalah salah satu sekolah yang selalu masuk nominasi finalis bersama para pelajar lain yang terseleksi dari seluruh penjuru tanah air,” jelasnya

Ditambahkanya lagi, keikutsertaan SMA LTI IGM akan kembali diuji di SMK Kharisma Bangsa, Tangerang Selatan pada tanggal 20 – 23 Februari 2020 mendatang.

“Dan tak lupa juga kami sampaikan selamat kepada Ananda Natasha Shasikirana Mahendra & Wianda Tambora sebagai perwakilan sekolah yang melaju ke babak final sekaligus mewakili provinsi Sumatera Selatan,” katanya.

Hadi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ms Susi Amizera, Ms Dian Novitda dan Sr Rukma Deny Kusuma selaku pelatih, pembimbing, dan pembina, dirinya berharap dengan kehadiran semua guru guru yang berkualitas di jajaran Sekolah SMA LTI IGM, semoga sekolah ini akan terus semakin berjaya dengan menghasilkan banyak karya. (ali alfarizi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed