by

Sisakan Trauma, Korban Banjir Bandang Kikim Lahat Mulai Bangun Kembali Rumah Mereka

IGMTVnews – Pascaditerjang banjir bandang pada 8 Januari silam, ratusan warga dua Desa Gunung Kembang dan Desa Muara Danau Kecamatan Kikim Timur mulai membangun rumah mereka.

Meski masih dihantui rasa khawatir jika peristiwa tersebut kembali terjadi, sejumlah rumah semi permanen di beberapa titik sudah dilakukan pengerjaannya.

Yayasan bersama Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri pun melakukan kunjungan langsung ke sejumlah dua desa yang berjarak 8 jam dari pusat Kota Palembang tersebut.

Di lokasi pascabanjir, sejumlah rumah masih terlihat rata dengan tanah. Lumpur setebal lima centimeter pun masih “menghiasi dinding” rumah warga. Tak jarang, antene parabola pun sudah rusah dan hancur saat air luapan Sungai Kikim menghantam perabotan elektronik mereka.

Yayasan UIGM yang diwakili oleh Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas IGM Palembang, Fauziah Afriyani, S.Pd.,M.Si melakukan interaksi dan bersilaturahmi dengan puluhan warga desa.

Jelas terlihat raut wajah yang panik dari wajah-wajah masyarakat yang trauma akibat banjir tersebut. Suasana haru pun menyelimuti perbincangan di antara pihak yayasan UIGM, Senat Mahasiswa UIGM dengan tokoh masyarakat di kedua desa.

Meski tidak terlalu formal, yayasan UIGM – Mahasiswa UIGM diterima dengan sambutan hangat oleh masyarakat setempat. Kepala Biro Kemahasiswaan Alumni dan Bursa Kerja Universitas IGM Palembang, Fauziah Afriyani, S.Pd.,M.Si mengatakan, Yayasan – Universitas Indo Global Mandiri langsung bergerak mengumpulkan donasi untuk meringkatkan korban bencana banjir bandang sejak beberapa waktu yang lalu.

Setelah donasi terkumpul, dirinya bersama perwakilan Senat Mahasiswa UIGM terjun langsung ke lapangan untuk berinteraksi dengan masyarakat. “Bantuan langsung ini merupakan gagasan dari Yayasan dan Mahasiswa UIGM. Bentuknya berupa uang, pakaian layak pakai serta obat obatan,” ujarnya di Desa Muara Danau, Kecamatan Kikim Timur, Kamis (14/2/2020).

Masyarakat Desa Sri Kembang dan Desa Muara Danau antusias menerima kunjungan tim Yayasan – Universitas Indo Global Mandiri dalam penyaluran donasi – bantuan korban banjir Bandang, Kecamatan Kikim Timur, Lahat (FOTO: ANDHIKO TA/IGMTVnews)

Ia menegaskan, jika kegiatan kemanusiaan ini merupakan bentuk pengabdian yang dilakukan pihak yayasan dan mahasiswa untuk ikut merasakan bagaimana penderitaan korban banjir bandang tersebut.

Menurutnya, keterlibatan senat mahasiswa yang ikut merangkul korban bencana banjir di Lahat sangat baik dan merupakan upaya pembentukan karakter mahasiswa yang peduli, cinta terhadap sesama. “Tentu yayasan sangat mendukung dan siap memfasilitasi kegiatan mahasiswa ini,” tegasnya.

Sementara, Departemen Humas Senat Mahasiswa UIGM, Okta Tri Dendi menambahkan, kehadiran yayasan dan senat mahasiswa UIGM mendapatkan antusias yang tinggi dari masyarakat dua desa tersebut. “Kami berharap bisa berbuat lebih banyak dan diberkahi. Meski nominalnya tidak terlalu banyak, setidaknya bisa meringatkan beban korban banjir,” pungkasnya. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed