by

Cegah Radikalisme dan Terorisme di Kalangan Pelajar Lewat Kreasi Video dan Diskusi Film “KITA INDONESIA

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sumatera Selatan di bawah naungan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kegiatan yang melibatkan pelajar tingkat SMA sederajat di kota Palembang untuk melakukan aksi nyata yang bertujuan mencegah radikalisme dan terorisme.

Kegiatan ini dalam bentuk lomba video dan diskusi film yang acara pembukaannya digelar di Hotel Baston Palembang, Rabu (29/7/2020).

Wakil Wali kota Palembang Fitrianti Agustinda berharap dengan kegiatan ini jangan sampai masyarakat tercerai berai karena ada pihak yang menginginkan terjadi perpecahan terutama di kota Palembang.

“Pesan untuk adik-adik terus berupaya mengisi pembangunan ini. Ideologi pancasila dan NKRI harga mati. Semua yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan eksistensi negara dengan tatanan ideologi selama ini,” ujar Fitrianti.

Kasubdit pengawasan BNPT mewakili Direktur Pencegahan BNPT Pusat, M Chairul Anwar menyebutkan perkembangan teknologi saat ini sangat memungkinkan mempengaruhi generasi bangsa khususnya pelajar secara cepat terutama yang ada indikasi unsur radikalisme dan terorisme.

“Kita tak bisa menampik bahwa bahaya radikalisme dan terorisme sudah menyebar ke generasi bangsa terutama pelajar melalui pesatnya teknologi internet. Itu sebabnya kita pun dengan berbagai upaya melakukan pencegahan, salah satunya dengan menggelar kegiatan seperti ini,” katanya.

Ketua FKPT Sumsel Dr. Periansya, M.M., CMA mengatakan kegiatan ini merupakan program Kerja Deputi I Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bersama FKPT Sumsel menyelenggarakan Kegiatan Pelibatan Pelajar SMA dan Sederajat dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme di Masyarakat dengan Tema Lomba Video dan Diskusi Film “ KITA INDONESIA,”.

Pemaparan materi di antaranya disajikan dua narasumber yaitu Kebijakan dan Strategi Pencegahan Terorisme di Kalangan Pemuda/Pelajar oleh Buntoro, Ak,. M.Ak. (BNPT) dan Isabella, S.IP., M.Si. (Peran Aktif Pemuda / Pelajar dan Organisasi Kepemudaan dalam Pencegahan Terorisme). Acara dilanjutkan dengan Nonton Bareng dan Diskusi Film Dokumenter / Kompilasi Video dan Pelatihan Pembuatan Video Pendek oleh praktisi film Terry Cola.

Salah seorang pembicara, Isabella, S.IP., M.Si menilai jika di usia SMA Ini anak anak muncul ide ide kreatif yang sesuai dengan kondisi saat ini ditambah dengan perkembangan tekonologi informasi begitu maju. “BNPT menyikapi secara positif ide ide kreatif anak-anak SMA dengan kondisi terkini,” pungkas Kepala Biro Pusat Informasi dan Kerjasama Yayasan Indo Global Mandiri (IGM) ini. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed