by

Meski Jakarta PSBB, Jalur Penerbangan Palembang – Jakarta Masih Berjalan

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali dilakukan di DKI Jakarta.

Meski demikian, untuk transportasi udara, hingga saat ini belum ada instruksi lanjutan dan berjalan seperti biasa dengan protokoler kesehatan yang ketat.

“Sampai hari ini belum ada pengaruh PSBB di Jakarta terhadap pergerakan pesawat dan penumpang. Hari ini total ada 40 flight, datang dan berangkat ke Palembang,” ujar Plt Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, Khaerul Assidiqi, Rabu (16/9/2020).

Adapun maskapai yang tetap melakukan penerbangan yakni, Garuda, City Link, Lion Air dan Batik Air. Menurut Khaerul, penerbangan di Bandara Sultan Mahmud Baddarudin II Palembang masih tetap normal, dan belum menunjukkan penurunan setelah kembali dibuka berapa bulan lalu. Dalam sehari penerbangan yang dilakukan bervariasi.

“Untuk yang ingin terbang tetap wajib melampirkan hasil rapid test,” ujar dia.

Dirinya menyebutkan, untuk penerbangan sejauh ini tetap menggunakan protokol kesehatan. Para penumpang akan dicek suhu tubuhnya, lalu diminta menunjukkan bukti rapid test serta menggunakan masker.

Khaerul mengimbau, kepada seluruh pengguna jasa bandara bahwa pihak pengelola telah melaksanakan implementasi protokol kesehatan sesuai aturan yang telah digariskan oleh regulator.

“Secara korporasi AP2 menggalakkan safe travel campaign, agar memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi penumpang untuk tidak khawatir melakukan perjalanan melalui transportasi udara,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang, Nur Purwoko mengatakan, sejauh ini dengan makin tingginya kasus COVID-19 di Indonesia, tidak menyurutkan pihaknya melakukan pemeriksaan di pintu masuk kedatangan.

Menurutnya, antisipasi ini sudah dilakukan semenjak COVID-19 dinyatakan sebagai Public Health Emergenchy of Internasional Concern (PHEIC) pada Tanggal 30 Januari 2020 oleh WHO. Kantor KKP di seluruh Indonesia, termasuk di Palembang, langsung memperketat pengawasan terhadap penumpang, khususnya dari daerah wabah.

“Kesiapsiagaan itu tetap dikerjakan oleh KKP sampai hari ini, baik di Bandara maupun Pelabuhan,” pungkasnya (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed