by

Kepemimpinan Manajemen Organisasi Jadi Bekal Soft Skill Mahasiswa

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Sebagai calon pemimpin, mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk memanajemen sebuah organisasi agar nantinya saat terjun di dunia kerja dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Kemampuan untuk memimpin sebuah organisasi ini menjadi tema utama diskusi Universitas Indo Global Mandiri bersama Comunity of Goverment Observer yang bertajuk pelatihan kepemimpinan dan memanajemen sebuah organisasi di laman aplikasi media sosial zoom meeting, pada Senin (9/11/2020), kemarin.

Dalam diskusi tersebut, menghadirkan pembicara profesional dan akademi andal di bidangnya, antara lain, Ketua Umum BPD HIPMI Sumsel, M Akhbar Alfaro, B. Bus, MM dan Kepala Biro Pusat Informasi Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Yayasan Indo Global Mandiri (IGM), Isabella, S.I.P, M, Si.

Menurut Alfaro, hakekat seorang pemimpin yang sesungguhnya adalah memimpin timnya agar bisa menjadi lebih baik. Jika timnya bisa lebih baik dalam bekerja, maka performa kerja juga akan menjadi lebih baik. Ketika performa kerja menjadi lebih baik, maka produktivitas tim kerja juga akan meningkat.

“Untuk meningkatkan kualitas seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. Jika kualitasnya sebagai seorang pemimpin menjadi lebih baik, maka potensinya untuk menjadi seorang pemimpin yang baik juga akan meningkat,” kata Alfaro yang juga menjabat sebagai Legislator DPRD Kota Palembang ini.

Sementara itu, Kepala Biro Pusat Informasi Kerjasama dan Pengembangan Bisnis Yayasan Indo Global Mandiri (IGM), Isabella, S.I.P, M, Si menegaskan jika kepemimpinan dalam manajemen organisasi penting bagi mahasiswa sebagai bekal soft skill, karena mahasiswa sekarang tidak hanya mengandalkan kemampuan akademik semata.

Mahasiswa, lanjut Dosen Ilmu Pemerintahan FIPB Universitas IGM ini, juga memerlukan kemampuan lainnya seperti pelatihan ini.

“Saat ini dibutuhkan kepemimpinan milenial yang kreatif dan inovatif untuk mengikuti perkembangan kemajuan teknologi terkini. Harapan yg ingin dicapai dari kegiatan ini agar mahasiswa mampu memahami teori-teori dan praktek kepemimpinan dalam organisi, serta dapat mereka terapkan setelah selesai menempuh studi di Universitas Indo Global Mandiri,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

News Feed