by

SMP LTI Indo Global Mandiri Sabet Juara Kompetisi Menyanyi MARS PGRI Kategori Grup

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Tiga guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) LTI Indo Global Mandiri (IGM) mengikuti kompetisi melantunkan lagu MARS PGRI yang digelar oleh Persatuan Guru Republik Indonesia November kemarin.

Kepala SMP LTI IGM, Viviet Herlinayati,S.Pd mengatakan, jika keikutsertaan guru SMP LTI IGM dalam kompetisi tersebut sebagai bentuk partisipasi atas peringatan Hari Guru Nasional tahun ini.

Semoga dengan keikutsertaan dan keberhasilan ini dapat meningkatkan prestasi dan sebagai ajang silaturahmi antar sesama guru yang ada di Sumatera Selatan.

“Tentunya guru, khususnya di lingkungan SMP LTI Indo Global Mandiri dapat kian menyadari tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, tetaplah menjadi guru yang kreatif, inovatif, dan profesional. Ikut bertanggung jawab terhadap keberhasilan dunia pendidikan dalam mendukung program nasional di bidang pendidikan, sebab guru sangat memiliki peran strategis untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul.

Dalam kompetisi tersebut, guru SMP LTI Indo Global Mandiri ; Suharti, Muhammad Ihsan dan Hendi Hidayat meraih Juara Harapan II dalam lomba menyanyikan lagu MARS PGRI kategori grup tersebut. “Raihan ini menambah daftar prestasi yang diukir oleh SMP LTI Indo Global Mandiri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Lagu Mars PGRI diciptakan oleh Basuki Endropranoto. Lagu ini sebagai pendorong kaum guru untuk membangun rakyat dari kegelapan karena guru sebagai penyuluh dan pembimbing bangsa. Kaum guru juga diharapkan insyaf akan kewajibannya yaitu mendidik dan mengajar para putra-putri bangsa, membangun jiwa sebagai kekuatan Negara, karena pada waktu itu keberadaan PGRI sudah dipengaruhi oleh politik.

Berikut ini adalah lirik lagu ‘Mars PGRI’ yang diciptakan oleh Basuki Endropranoto, yang bisa dinyanyikan untuk memperingati Hari Guru Nasional.

PGRI abadi
tetap mempersatukan diri
Dengan nama nan sentosa
lahir negara kita

Wahai kaum guru semua
Bangunkan rakyat dari g’lita
Kita lah penyuluh bangsa
pembimbing melangkah ke muka

Insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar praputra
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara

PGRI abadi
bernaung di bawah sang panji
Sinar surya nan merata
anggotanya bersama

Insyaflah ‘kan kewajiban kita
mendidik mengajar praputra
Kita lah pembangun jiwa
pencipta kekuatan negara (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed