by

Magang Online jadi Langkah Awal Mahasiswa STEBIS IGM Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Sebanyak 13 mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri (IGM) melaksanakan program Praktik Kerja Lapangan  (magang) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Falah.

Meski sedikit berbeda mekanismenya di lapangan karena berada dalam masa Pandemi COVID-19, PKL yang dilakukan mahasiswa tersebut digelar secara virtual (online).

Ketua Program Studi Perbankan Syariah STEBIS IGM, Fadilla, S.E.I, M.S.I mengatakan, jika STEBIS IGM sengaja memilih Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Al-Falah sebagai bentuk kerja sama (MoU) yang telah dilakukan sebelumnya.

“Pembekalan magang yang diikuti oleh peserta didik kita melalui virtual (online). Untuk pemateri kita libatkan Direktur Utama dari BPRS Al Falah, Muhammad Riza Pahlepy, SE, CIRBD. CTT,” katanya kepada IGMTVnews.com, Jumat (8/01/2020).

Ia menjelaskan, jika magang/PKL merupakan program yang wajib diikuti oleh mahasiswa sebelum dirinya benar benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Mahasiswa mendapatkan gambaran serta mengetahui pekerjaan yang harus dilakukan ketika mereka bekerja selesai lulus sarjana dan meraih gelar S1/D3.

“Termasuk mahasiswa Perbankan Syariah STEBIS IGM yang melakukan PKL (magang) di berbagai macam perusahaan baik lembaga keuangan bank maupun non bank,” katanya.

Namun, karena saat ini masa pandemi COVID-19, pemerintah menginstruksikan kepada seluruh pelajar dan mahasiswa untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah serta tidak diperkenankan lagi datang ke kampus maupun sekolah.

“Mahasiswa STEBIS IGM yang saat ini masuk dalam PKL juga berdampak pada kebijakan tersebut. Banyak mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah yang seharusnya magang di perusahaan tidak dapat melakukannya karena sedikit sekali  perusahaan baik bank maupun non bank yang mau menerima mahasiswa magang,” katanya.

Sebagai alternatifnya, lanjutnya, magang online inilah diharap mampu mendongkrak motivasi mahasiswa STEBIS IGM untuk terus memberikan nilai yang terbaik, dan lulus dengan sempurna kelak.

Mahasiswa STEBIS IGM yang mengikuti magang online ini merupakan mahasiswa yang saat ini menempuh semester V. Mereka adalah, Rama Riyaldi, Reza Agusti, Niken Sania Putri, Tiara Dila Enda, Shinta Bela, Yulia Citra, Fitriani, Camdra, Rachma Yogi Hernando, Natasya Gustina, Novi Wahyuni, Dila Ajeng, dan Mutiara.

Meski digelar secara online, Program Studi Perbankan Syariah yang saat ini berstatus terakreditasi BAIK oleh BAN PT akan terus berusaha menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan prodi, meskipun di tengah pandemi seperti sekarang ini.

“Kami akan terus berusaha memberikan pengajaran secara online. Kami juga berterimakasih kepada pihak BPRS Al-Falah atas kesempatan yang diberikan sehing anak didik kami tetap bisa melakukan kegiatan magang secara online,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)     

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed