by

Anda Takut Jarum Suntik ?, Begini Cara Atasinya Saat Divaksin

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Pemerintah Indonesia mulai melebarkan cakupan pemberian vaksin Covid-19 untuk masyarakat. Namun, takut jarum suntik sering kali jadi hambatan seseorang divaksin. Terdapat cara mudah mengatasi rasa takut pada jarum suntik saat divaksin.

Jangan biarkan rasa takut pada jarum suntik menghalangi Anda mendapatkan vaksin Covid-19. Hingga saat ini, vaksin Covid-19 merupakan salah satu cara untuk mencegah dan meminimalkan penyakit akibat infeksi virus corona bersamaan dengan penerapan protokol kesehatan.

Berikut cara mudah mengatasi rasa takut jarum suntik saat divaksin.

  • Tutup mata
    Cobalah untuk menutup mata saat akan disuntik. Jangan lihat petugas mempersiapkan alat. Tetap rileks dan tenang, lalu pejamkan mata. Proses penyuntikan hanya berlangsung dalam hitungan detik saja.
  • Pergi bersama orang terdekat
    Ajak orang terdekat untuk pergi menemani proses vaksinasi. Anda bisa mengajak orang tua, kakak, adik, pacar, atau teman. Orang-orang terdekat akan meningkatkan rasa percaya diri saat divaksin.
  • Ajak berbicara atau ngobrol
    Alihkan pikiran dengan mengajak orang terdekat atau bahkan petugas berbicara. Berbicara akan membuat tubuh lebih rileks dan tanpa disadari proses penyuntikan akan terlewati begitu saja.
  • Tarik napas dalam
    Coba lakukan relaksasi saat hendak divaksin. Anda bisa menarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri. Coba tarik napas melalui hidung hingga perut membuncit dalam hitungan enam detik lalu keluarkan dari mulut dalam hitungan yang. Lakukan beberapa kali.
  • Mendengarkan Musik . Pasang earphone dan bunyikan musik favorit Anda saat divaksin. Mendengarkan musik dapat membuat Anda asyik dengan lantunan melodi dan rasa takut bisa hilang. (andhiko tungga alam/berbagai sumber)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed