by

Imam Besar Masjid Istiqlal Minta Perguruan Tinggi, Tokoh Agama dan Pemerintah Bersinergi

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Sebagai salah satu pembicara dalam webinar series 2# Workshop Imam dan Manajemen Masjid wilayah Sumatera Selatan yang digagas oleh STEBIS Indo Global Mandiri (IGM), Ketua Umum IPIM dan Imam Besar Mesjid Istiqlal, Prof Dr KH Nasarudin Umar, MA, PhD berharap agar para imam yang ada di Indonesia, tidak hanya mengerti soal tata cara dan syarat untuk memimpin salat.

Menurutnya seorang imam harus benar benar paham jika dirinya merupakan pemimpin spiritual baik saat di dalam masjid maupun di lingkungan sekitar.

“Imam harus memiliki pengetahuan yang cukup, misalkan sosiologi, kesehatan masyarakat, antropologi, hukum bahkan mengetahui informasi publik yang saat ini tengah berkembang. Ini tantangan imam di era milenial,” jelasnya dalam webinar yang digelar melalui aplikasi zoom meeting dan di pusatkan di Aula Lantai III Kampus UIGM, Rabu (10/4/2021).

Sebagai salah satu provinsi yang sangat global, ia menilai jika Sumsel memiliki masyarakat yang cukup beragam dan siap menjelma sebagai warga yang milenial. Ini dibuktikan dengan banyaknya even tingkat internasional yang sudah digelar.

“Termasuk webinar ini yang bisa mengumpulkan orang orang pintar dalam satu wadah. Salut dengan rekan rekan dari STEBIS IGM dan IPIM Sumsel yang bersinergi untuk melahirkan energi,” paparnya.

Dengan adanya webinar ini pulalah, diharapkan menjadi momentum terbaik baik semua unsur untuk bahu membahu membangun negara ini. Ia juga mengimbau pemerintah untuk melibatkan ulama pada semua sektor, baik itu hulu maupun hilir.

“Jika kita dilibatkan tentu kita bisa mengetahui persoalannya dimana, dan dicarikan solusinya bersama sama. Kita ini Indonesia. Perguruan tinggi, tokoh agama dan pemerintah harus bersinergi satu sama lain. Bersatu menyelesaikan persoalan keumatan. Ini yang kita harapkan sebenarnya,” pungkasnya.

Dalam webinar series 2# Workshop Imam dan Manajemen Masjid wilayah Sumatera Selatan yang digagas oleh STEBIS Indo Global Mandiri (IGM) menghadirkan Ketua Umum IPIM dan Imam Besar Mesjid Istiqlal, Prof Dr KH Nasarudin Umar, MA, PhD; Ketua Umum IPIM Wilayah Sumsel dan Imam Besar SMB JW Palembang, KH A Nawawi Dencik Al Hafidz; Rektor UIGM Dr H Marzuki Alie, SE, MM serta sejumlah narasumber yang kompeten lainnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed