by

Cara Terbaik Tangkal Varian Baru COVID-19, Tetap Prioritaskan 3M

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan masih sangat prematur atau terlalu dini menyimpulkan lonjakan kasus virus corona karena penyebaran kasus mutasi Covid-19 di sejumlah daerah.

“Pada intinya cause-effect varian dan laju kenaikan kasus ini masih sangat prematur untuk disimpulkan,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.

Wiku mengatakan perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan lonjakan kasus Covid-19 karena penularan varian corona baru di beberapa daerah.

“Walaupun memang ditemukan adanya varian tersebut dari hasil whole genome sequencing, hubungan sebab akibat terkait peningkatan laju kasus dengan varian baru membutuhkan studi khusus,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wiku mengatakan pihaknya mendukung jika pemerintah daerah setempat ingin membuat studi independen terkait dugaan lonjakan kasus karena mutasi Covid-19.

Ia mengingatkan varian Covid-19 apapun dapat ditangkal penularannya dengan menerapkan upaya preventif seperti memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Fokus kita saat ini seharusnya ialah menekan laju kasus dengan menegakkan protokol kesehatan agar dapat menekan laju kasus terus menerus,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed