by

Gladi Bersih Jadi Langkah Awal Pembelajaran Jelang Pelaksanaan ANBK SMP LTI IGM

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis program baru pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak 2019. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang termasuk dari Merdeka Belajar ini akan digelar mulai akhir September 2021.

Sebelumnya telah dilakukan simulasi dan gladi bersih di sejumlah sekolah sebagai salah satu tahapan persiapan, termasuk memastikan ketersediaan dan kelengkapan fasilitas. Selain itu, menggelar koordinasi dengan seluruh lembaga pendidikan kesetaraan.

Simulasi digelar pada 30 Agustus-2 September 2021, sedangkan gladi bersih diadakan pada 3 September – 4 November 2021. ANBK melibatkan peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan.

“Termasuk juga SMP LTI Indo Global Mandiri yang menggelar gladi bersih tersebut pada Senin – Selasa / 13 – 14 September kemarin. Dan pelaksanaannya berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Kepala SMP LTI Indo Global Mandiri,Viviet Herlinayati,S.Pd kepada IGMTVnews.com.

Gladi bersih tersebut diikuti oleh siswa kelas VIII dengan 45 peserta, dan lima cadangan. Siswa yang mengikuti gladi ini dipilih secara acak dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Viviet menegaskan, pelaksanaan gladi ini dilakukan agar proses pelaksanaan berjalan lancar. Selain itu, mendorong peserta didik supaya memperoleh hasil maksimum. “Untuk SMP LTI IGM akan menggelar ANBK tersebut pada 4 – 7 Oktober mendatang,” imbuhnya.

Untuk mendapatkan skor tinggi, peserta didik perlu memahami dua kompetensi mendasar yang diukur sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berupa literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Termasuk keterampilan berpikir logis-sistematis, bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan. Jadi, peserta didik masih memiliki kesempatan belajar.

“Kita harap dengan gelaran ANBK ini siswa didik kita mendapatkan hasil terbaik,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed