by

Webinar Literasi Digital, Mahasiswa Akper Bina Insani Sungai Penuh Diajak Produktif dan Kreatif

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Sebuah webinar bertajuk Literasi Digital dan Kuliah Umum bagi Mahasiswa Akademi Insani Bakti Sungai Penuh digelar pada Kamis (1/9/2022) lalu.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Akademi Keperawatan Bina Insani Sungai Penuh ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negative penggunaan internet.

Kegiatan ini menyasar target segmen mahasiswa Akper Bina Insani dan sukses dilaksanakan secara daring hadir dan memberikan materinya secara virtual, para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya.

Sebelumnya dalam kegiatan tersebut juga dilakukan kuliah umum.

Regional Leader Literasi Digital 2021, Isabella, S.IP, M.Si mengatakan, Di Era digital ini semua bisa bisa dapatkan secara cepat.

“Tinggal kita lagi mau memanfaatkannya untuk hal positif atau tidak. Seperti media sosial, kita bisa gunakan media ini sebagai tempat kita berkarya dan berkreativitas, semisal menbuat konten, berjualan atau lainnya,” kata Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) ini.

Menurutnya, generasi muda harus memahami kerangka kerja literasi digital, yakni Digital Skills, dengan memahami perangkat lunak dan perangkat keras ICT dan sistem operasional digital; Digital Culture yakni kemampuan membangun wawasan kebangsaan dalam berinteraksi di ruang digital; Digital Ethics yakni Kemampuan beradaptasi berpikir rasional dan memperkuat etika di ruang digital, serta Digital Safety yakni meningkatkan kesadaran perlindungan dan keamanan data pribadi di dunia digital. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed