by

Gus Sholah Wafat, YP3I : Sosok Teknokrat Ulama Sekaligus Arsitek Terbaik

PALEMBANG, IGMTVNEWS.COM – KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah tutup usia di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, setelah berjuang melawan sakit yang dideritanya.

Adik kandung dari Presiden keempat Abdurrahman Wahid atau Gus Dur meninggal dalam usia 77 tahun.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu,” kata Irfan Asy’ari Sudirman atau Ipang Wahid, anak Gus Sholah, melalui akun Twitternya @ipangwahid, Minggu (2/2/2020).

Setelah disemayamkan di rumah duka di Jalan Bangka Raya 2C, jenazah akan diberangkatkan ke Jawa Timur menggunakan pesawat Batik Air melalui Bandara Halim Perdanakusuma pukul 10.00 WIB. Menurut rencana, jenazah akan disemayamkan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur sebelum dimakamkan di lokasi yang sama.

Ketua Umum Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP3I), Dr. H Marzuki Alie menyebut jika sosok Gus Sholah merupakan seorang kiyai yang tehnokrat, arsitek lulusan ITB.

“Saat ini kami diamanahkan untuk membangun sinergi pesantren melalui Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP3I). Beliau sebagai Ketua Pembina, dan saya membantu beliau sebagai Ketua Umum,” katanya, Senin (3/2/2020).

Dirinya juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut mendoakan Gus Sholah. Dr. Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh Hak Asasi Manusia di Indonesia. Pria kelahiran Jombang pada 11 September 1942 itu merupakan anak dari KH Wahid Hasjim. Selain dikenal sebagai tokoh agama, Gus Sholah juga dikenal sebagai politisi, tokoh HAM, hingga arsitek. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat pada masa awal reformasi 1998. Salahuddin juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed