by

Virtual Kelas STEBIS IGM ; Sebuah Sistem Pembelajaran Kelas Online Satu untuk Semua

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Realisasi belajar dari rumah (study from home) pascamewabahnya corona virus disease 2019 (covid-19) terus dilaksanakan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri (IGM).

Kepala Bagian Penjamin Mutu STEBIS IGM/Dosen, Doly Nofiansyah, S.E, M.Si menegaskan jika STEBIS IGM telah menjalankan imbauan pemerintah dan Kementerian Kesehatan RI dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam pencegahan Covid 19, agar setiap kegiatan pembelajaran perkuliahan berjalan sebagaimana mestinya.

“Kualitas pendidikan tetap kita tingkatkan dan pertahankan. STEBIS IGM telah menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/ Kelas Online Edlink STEBIS IGM, cara baru dalam pembelajaran, yakni kelas maya atau virtual class yang menggunakan metode e-learning atau kuliah online, dalam rangka melindungi dan menjaga warga civitas akademika (dosen, mahasiwa dan tenaga Kependidikan serta keluarga besar mahasiswa) dari covid-19 yang melanda seluruh dunia,” paparnya.

Menurut Doly, manfaat PJJ Edlink/Kelas Online/Virtual Kelas STEBIS IGM memberikan pengalaman belajar yang lebih praktis dan menyenangkan. “Terkadang materi pembelajaran di kelas sedikit membosankan. Melalui E-Learning/Virtual Kelas/Kelas Online Edlink STEBIS IGM, proses belajar menjadi lebih fleksibel dan nyaman sehingga meningkatkan motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri,” jelasnya.

Selain itu, akses mahasiswa untuk materi E-Learning/Kelas Online/Edlink nya kapan pun dan dimana pun menggunakan berbagai jenis gadget yang mereka miliki. “Mereka dapat mengulang materi apa pun sesuka hati jika mereka belum benar-benar memahaminya,” katanya.

Menurutnya, pendekatan yang lebih personal terhadap mahasiswa dan dosen E-Learning/Virtual Kelas/Kelas Online/Edlink memungkinkan pengajar untuk beralih dari model pembelajaran “satu untuk semua” ke model pembelajaran yang terfokus pada kebutuhan setiap mahasiswa. Dengan sistem pembelajaran yang bertahap dan dan format konten yang beragam, pengajar dapat memberikan pengalaman belajar yang unik dan personal, yang tidak dapat dilakukan di kelas tradisional.

“Kita juga bisa menghemat biaya pembelajaran. Untuk kegiatan pembelajaran kelas online hanya akan mengeluarkan biaya jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan mengikuti offline,” ujar dia.

Doly mengatakan jika proses akademik antara mahasiswa dan dosen selama pembelajaran tidak akan terganggu. Mahasiswa melalui Virtual Kelas dapat berinteraksi dengan mahasiswa lainnya atau dengan dosen saat akan mengajukan pertanyaan, mengerjakan tugas bersama mahasiswa lainnya, hingga mengikuti ujian.

“Tentu harapan kita bersama, semoga pembelajaran Kelas Online/Virtual Kelas/PJJ Edlink STEBIS IGM ini akan bermanfaat, berhasil dan berdaya guna untuk mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi, mencerdaskan kehidupan bangsa serta membawa kemaslahatan umat,” ujar dia. (andhiko ta)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed