by

Webinar SD Plus IGM : Metode Daring Memerlukan Kerjasama dan Sinergi yang Kuat Guru – Anak – Orang Tua

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Gelaran webinar yang digagas SD Plus Indo Global Mandiri mendapatkan apresiasi hangat dari peserta baik itu orang tua siswa maupun masyarakat umum.

Meski digelar melalui aplikasi zoom dan youtube, namun webinarbertajuk Menghilangkan Kejenuhan Belajar menjadi Menyenangkan tersebut diikuti ratusan peserta.

Dalam webinar tersebut, akan menghadirkan Psikolog Klinis dan Founder @wirahsa, Lavenda Azalia, M.Psi; Psikolog RS dan Dosen serta Founder Lembaga Psikologi Magnapenta, Anrillia Ema Ningdyah, P.hd, Psikolog; serta dua guru bimbingan Konseling SD Plus IGM, Fera Gandasari, S.Psi dan Rizka Khoirunnisa, S.Psi.

Kepala SD Plus IGM, Mardiah, S.Pd. SD., M.Pd mengatakan, tujuan webinar ini untuk melihat sejauh mana optimalisasi peran orang tua dalam mengajar anak anaknya di rumah mengingat peran orang tua dan guru sangat penting.

“Selama pelaksanaan pembelajaran daring ini, diperlukan, sinergi yang kuat antara guru dan orang tua untuk menghilangkan kejenuhan dengan antara guru dan siswa,” katanya kepada IGMTVnews.com.

Menurutnya, webinar ini juga memberikan manfaat sekaligus motivasi kepada orang tua dan peserta didik untuk semakin semangat dalam proses belajar. “Terlebih di masa pandemi ini, kita harus bisa mengubah mindset (pola pikir) agar pembelajaran dapat diserap dengan maksimal,” kata dia.

Psikolog RS dan Dosen serta Founder Lembaga Psikologi Magnapenta, Anrilia Ema Ningdyah, PhD, Psikolog mengatakan jika orang tua harus mampu membangkitkan mood anak untuk tetap belajar meski tidak harus bertatap muka di sekolah.

Selain itu, lanjutnya, selama proses daring berlangsung, antara orang tua dan guru harus mengetahui apa saja yang diperlukan anak serta bagaimana cara memenuhinya. Siapa saja yang mendampingi anak belajar, kapan waktunya serta bagaimana pengaturan waktu aktivitas anak serta bagaimana kesepakatan antar anggota keluarga.

Kemudian, lanjutnya pastikan fondasi kesehatan mental keluarga kuat, misalnya gerakan peragangan otot di dalam rumah, kelas senam online atau aktivitas domestik bersama anak anak.

“Kembangkan area area kebahagiaan lainnya serta bangun ketangguhan keluarga. Kita harap, webinar ini dapat memberikan ilmu kepada para tenaga pendidik dan orang tua dalam mengatasi kebosanan selama menjalankan PJJ,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed