by

LPBI NU – Universitas Indo Global Mandiri Realisasikan Digitalisasi dalam Pendataan dan Pendistribusian Bantuan Bencana di Tiga Provinsi

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Universitas Indo Global Mandiri (IGM) ikut ambil bagian dalam proses penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi Covid-19 dan adaptasi tatanan baru berbasiskan Geospatial Information System (GIS).

Bersinergi bersama Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) dan SIAP SIAGA yang didukung Pemerintah Australia, Universitas Indo Global Mandiri telah berkolaborasi selama sembilan bulan (Juli 2020 – Maret 2021) melalui Program Penguatan Ketangguhan Masyarakat Menghadapi (PKMM) Covid-19 dan Adaptasi Tatanan Baru.

Ketua LPBI NU, M. Ali Yusuf mengatakan, tujuan dari pendataan warga secara digital adalah tersusunnya suatu sarana komunikasi efektif untuk penguatan ketangguhan masyarakat dalam menghadapi Covid-19 dan adaptasi tatanan baru berbasiskan Geospatial Information System (GIS).

Adapun di antara kegiatannya adalah pendataan warga secara digital dan pemberian bantuan bahan pokok makanan secara non tunai kepada warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kabupaten Lamongan, Kota Kediri (Jawa Timur), Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana (Bali) dan Kabupaten Lombok Barat (NTB).

Pemerintah desa mengapresiasi positif pengembangan data warga berbasis geospasial, karena sangat membantu mereka untuk memiliki data warga yang tidak hanya terpilah dan valid tetapi juga dapat mengidentifikasi kondisi kesehatan dan disabilitas warga, Bahkan dari data tersebut, pemerintah desa akhirnya mampu mengungkap kasus trafficking warga di daerahnya.

Sebagai tim pembangun dan pengembang SIG PKMM COVID-19 Wakil Rektor Universitas IGM, Dr.Sumi Amariena Hamim, ST.,M.T., IPM., ASEAN Eng didampingi Dosen Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UIGM, Hendry Natanael Gumano, ST., M. PWK, menjelaskan kegiatan pelaksanaan yang dilakukan berupa strukturisasi kebutuhan data, konsultasi peningkatan kapasitas Pokja, pembuatan berbagai aplikasi berbasis GIS menggunakan platform ESRI yang dapat digunakan sebagai alat pengumpulan data, analisis serta monitoring dan evaluasi kegiatan PKMM COVID-19.

Dia pun mengatakan, jika kegiatan ini adalah bentuk kolaborasi pentahelix pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Universitas Indo Global Mandiri dalam menghadapi tatanan baru di tiga provinsi tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, upaya ini merupakan salah satu peran dari perguruan tinggi mencarikan solusi di masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 berbasis partisipatif dan sistem informasi yang telah dibangun ini dapat diakses oleh masyarakat. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed