by

SMA LTI IGM Jadi Wakil Sumsel dalam Kompetisi Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional

IGMTVnews.com, PALEMBANG — SMA LTI Indo Global Mandiri kembali ikut dalam even bergensi tingkat nasional.

Kali ini, enam siswa SMA LTI IGM mengikuti lomba Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional yang digagas oleh Balai Bahasa. SMA LTI IGM tidak sendiri, wakil Sumsel lainnya, SMA Negeri 3 Kayuagung juga akan mengikuiti kompetisi serupa.

Wakil Kepala SMA LTI IGM Bidang Kesiswaan, Ria Septriana, S.Kom, menyebut jika Provinsi Sumatera Selatan akan diwakili oleh dua sekolah, salah satunya SMA LTI IGM. Terpilihnya SMA LTI IGM setelah Balai Bahasa memilih beberapa sekolah untuk dinilai salah satunya SMA LTI IGM yang terpilih untuk diseleksi sebagai wakil Sumsel. Setelah melalui latihan yang intens, pihak Balai Bahasa mengunjungi sekolah yang ditunjuk lalu dari beberapa sekolah yang diseleksi SMA LTI IGM terpilih menjadi salah satu wakil dari Sumsel.

Dalam lomba tersebut, keenam siswa yakni, Shilpi Marsira (vokalis); Nadiya Faylasufa (vokalis); M. Ilham Alfauzan (gitar); Sigit Aly Pramana (cajon); M Rafif Alhaq (jimbe); dan Rahmad P Halim (vokalis).

Mereka, lanjutnya akan mengusung konsep yang telah disesuaikan dengan isi puisi yaitu puisi pertama berjudul Aku Perempuan. Dalam puusi tersebut, menggambarkan kesedihan yang mendalam, sedang puisi kedua yaitu Surat Pendek buat Ibu di Kampung yang menggambarkan kerinduan dengan Ibu yang berada di kampung halaman dan bernuansa desa yang asri.

Balai bahasa sendiri menetapkan sejumlah kriteria untuk penilaian dalam Festival Digital Musikalisasi Puisi Tingkat Nasional
ini, antara lain, penafsiran puisi (30%), komposisi dan aransemen (25%), keselarasan/harmonisasi (25%), dan penampilan (20%).

“Kita mendukung penuh kegiatan yang dilakukan oleh setiap siswa kita. Tentunya kita berharap hasil yang terbaik. Pengumuman pemenang akan diumumkan oleh Pusat Bahasa dan dikirimkan melalui Balai Bahasa Provinsi masing-masing, pada November mendatang,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed