by

Tim KIR SMA LTI IGM Ciptakan Sabun Cair dari Minyak Ikan Patin dalam Kompetisi LKTI Biology Show in 2021 se-Sumsel

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Dua siswi SMA LTI Indo Global Mandiri (IGM), Az Zahra Rizki Amalia Tirta (XII) dan Farah Bunga Fadyyah (X3) menjadi delegasi SMA LTI IGM dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Umum se-Sumatera Selatan di ajang Biology Show in 2021 yang digagas oleh Universitas Sriwiya.

Dalam kompetisi bergengsi tersebut, keduanya menciptakan sabun cair dari minyak ikan patin dengan metode steam.

Pelatih KIR SMA LTI IGM, Dian Novita, S.Pd mengatakan, keduanya menciptakan temuan yang menarik, membuat sabun berbahan dasar minyak ikan patin. Minyak ini nantinya dijadikan soap base dengan komposisi yang telah ditentukan sebelumnya.

“Kemudian, soap base yg telah diencerkan ditambahkan asam sitrat. Lalu sabun cair siap digunakan,” katanya kepada IGMTVnews.com, Rabu (10/11/2021).

KIR SMA LTI IGM sengaja memilih ikan patin karena spesies ini mudah ditemui dimana saja. Tak hanya itu, hewan air tawar ini pun dinilai murah dan mampu dijangkau oleh masyarakat.

“Ikan patin juga mengandung Asam Oleat. Proses pembuatan cukup sederhana dan hanya memakan waktu mulai dari persiapan hingga siap digunakan hanya memakan waktu satu minggu,” ujarnya.

Dengan temuan ini, lanjutnya, Tim KIR SMA LTI IGM mendapat juara harapan 2 dalam lomba karya tulis ilmiah kategori Umum tingkat provinsi Sumatera selatan tersebut.

Seperti diketahui, Pendidikan Biologi FKIP Unsri akan mengadakan Kegiatan Biology Show In (BSI) yang merupakan acara tahunan akan diadakan pada Oktober 2021. Kegiatan ini terdiri dari berbagai macam lomba, yaitu Lomba Cerdas Cermat (LCC), Karya Tulis Ilmiah, dan lain sebagainya. Kegiatan ini melibatkan siswa SMP dan SMA baik di Kota Palembang maupun berbagai Kabupaten di Sumatera Selatan. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed