by

Virtual Tour Museum, Siswa SMA LTI IGM Diajak Rasakan Pengalaman Belajar Sejarah di Era Metaverse

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– SMA LTI Indo Global Mandiri melakukan terobosan baru dalam proses belajar mengajar.

Dalam mata pelajaran Sejarah, siswa – siswi SMA LTI IGM melakukan praktik menggunakan media teknologi virtual tour museum.

Guru Sejarah SMA LTI IGM, Siti Swasti Eka Dewi, S. Pd., M.Pd mengatakan, virtual tour museum yang digagasnya ini merupakan sumber belajar digital untuk meningkatkan pengalaman berkunjung ke museum melalui personalisasi, interaktivitas dan kekayaan konten yang dapat bertindak secara mandiri.

Menurutnya, kunjungan virtual dapat meningkatkan pengalaman belajar dengan imajiner simulasi komputer dengan mengacu pada teknologi yang menghasilkan lingkungan virtual interaktif yang dirancang untuk mensimulasikan pengalaman kehidupan nyata.

“Penggunaan virtual tour dengan tampilan 360 derajat memberikan kesempatan untuk menciptakan dunia virtual yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung untuk belajar tanpa bahaya dengan lingkungan nyata,” katanya kepada IGMTVnews.com, Kamis (10/11).

Virtual Tour Museum, lanjutnya telah dianggap sebagai teknologi yang sangat efektif untuk memungkinkan seseorang mendapatkan informasi serta pengalaman yang menyenangkan dalam belajar sejarah.

Ia menjelaskan, metode pembelajaran seperti ini, bertujuan agar proses pembelajaran sejarah menjadi lebih menarik, mudah dan efektif guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA LTI IGM Palembang.

Produk virtual tour museum ini juga telah dilakukan ujicoba dengan melakukan praktik baik pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil Pengujian yang di dapat dari respon peserta didik melalui wawancara didapat pengunaan virtual tour museum dalam pembelajaran sejarah menjadi lebih menarik dan menyenangkan.

Selain itu terdapat hasil peningkatan yang signifikan dari hasil belajara sebelum dan sesudah menggunakan Virtual Tour Museum Sriwijaya pada peserta didik. “Ini membuktikan, jika Virtual Tour Museum Sriwijaya materi bukti peninggalan kerajaan Sriwijaya memiliki dampak efektivitas yang baik terhadap hasil belajar peserta didik di SMA LTI IGM,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed