by

Jadi Calon Pemimpin, Kapolda Sumsel Minta Mahasiswa Harus Berani Melompat dan Lakukan Terobosan

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2020 Universitas Indo Global Mandiri – STEBIS IGM berlanjut di hari kedua, Selasa (6/10/2020).

Generasi Millenial Pemimpin Visioner menjadi tajuk utama dalam materi yang diangkat oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol Prof Dr Eko Heri S, M.M dalam aplikasi zoom meeting dan youtube streaming di Aula Lantai III, Kampus Universitas Indo Global Mandiri.

Ia menyebut jika, seorang pemimpin dalam generasi milenial yang visioner harus memiliki pribadi yang bermoral, memiliki tujuan, memiliki cita cita, kompensasi dan skill, daya juang dan nasionalisme. “Menjadi pemimpin tidak harus memimpin sebuah lembaga atau organisasi, tapi juga di lingkungan terkecil, termasuk juga keluarga,” katanya di hadapan ratusan mahasiswa baru Universitas IGM.

Eko menegaskan, model kepemimpinan era milenial yang saat ini ideal adalah tipe “Pemimpin yang melayani”. Selalu dekat dengan bawahan, memiliki inisatif proaktif, berani tampil di depan dan bertanggungjawab, melakukan anev dan perbaikan, serta motivator dan solutif.

“Menjadi pemimpin harus berbeda dari yang lain. Temukan solusi terbaik bagi anggota. Jangan terpaku pada hal hal yang sama. Kita harus berpikir jump out of the box, bukan out the box saja. Harus berani melompat dan melakukan terobosan baru,” jelasnya.

Untuk di masa mendatang, lanjutnya, tantangan seorang mahasiswa kian besar menuju tantangan menuju Indonesia Emas 2045. Saat ini yang menjadi tantangan adalah krisis integritas dan tingginya angka korupsi (34,3%).

“Disinilah peranan seorang mahasiswa yang akan menjadi seorang pemimpin, wajib memiliki integritas yang tinggi, pemimpin bersih serta kompeten (31%). Ini seimbang,” katanya.

Dirinya berharap semua mahasiswa baru (maba) Universitas Indo Global Mandiri (IGM) dapat menjadi agen perubahan (agent of change) bagi bangsa dan negara. “Lakukan perubahan dari yang kecil terlebih dulu. Yang jelas harus bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed