by

BIAS 2020, SD Plus Indo Global Mandiri Gelar Imunisasi DT dan TD

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Puluhan siswa Sekolah Dasar Plus Indo Global Mandiri melakukan Imunisasi DT dan TD (Difteri Tetanus), Rabu (15/12/2020).

Bekerjasama dengan Puskesmas Punti Kayu Palembang, pelaksanaan imunisasi dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) 2020 tersebut, digelar di teras halaman sekolah SD Plus IGM dengan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SD Plus IGM, Mevi Laranti, S.Pd mengatakan, pelaksanaan BIAS ini dilakukan bermitra dengan puskesmas Punti Kayu untuk meningkatkan kekebalan tubuh (antibodi) siswa terhadap penyakit tetanus.

“Imunisasi ditujukan pada siswa kelas I (6 tahun), kelas II (7 tahun) dan kelas V (9-10) tahun,” ujarnya kepada IGMTVnews.com.

Ia menegaskan, karena pelaksanaan imunisasi digelar pada saat masa pandemi COVID-19, pihak sekolah menyebarkan angket kepada orang tua siswa untuk mendapatkan persetujuan sebelum akhirnya, siswa ditemani orang tua datang ke sekolah untuk melaksanakan imunisasi tersebut.

“Banyak yang harus kita pertimbangkan. Termasuk izin dari orang tua. Prosedurnya cukup banyak, karena kita tetap mengutamakan kesehatan siswa kita,” katanya.

Untuk proses imunisasinya pun, lanjut dia, dibagi, untuk kelas I pada pukul 09.00 – 10.00 WIB, kelas II pukul 10.00 – 11.00 WIB, dan Kelas V 11.00 – 12.00 WIB.

Dengan mengedepankan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, dan memakai masker untuk anak serta memakai alat pelengkapan diri (APD) bagi anggota puskesmas. “Orang tua yang datang untuk menemani anak mereka, usai suntik imunisasi dipersilahkan untuk pulang. Jadi bisa mengantisipasi kerumunan,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed